Admin TIP

Admin TIP

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
08 Agustus 2022

Bertempat di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Pertanian, pada hari Rabu (10/08/2022) telah terpilih Prof. Dr. Ir. Santosa, M.P sebagai Ketua Departemen TIP UNAND Periode 2022-2027 melalui musyawarah mufakat. Setelah itu, dipilih pula sekertaris departemen yaitu ibu Risa Meutia Fiana, S.TP., M.P.

Ketua Panitia Pemilihan Ketua Departemen TIP, Prof. Dr rer nat Ir. Anwar Kasim menyampaikan bahwa “Pemilihan Kepala Departemen berdasarkan pada Peraturan Rektor Universitas Andalas No. 08 Tahun 2022 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Organ Pengelola Universitas Andalas, Pasal 90”. Selain itu, Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si sebagai Dekan Fakultas Teknologi Pertanian dalam sambutannya menyampaikan pesan bahwa “Kedepan kita akan Fokus ke Akreditasi Prodi TIP dan pencapaian IKU UNAND”.

Prof. Dr. Ir. Santosa, M.P, menggantikan Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si yang telah terpilih menjadi Dekan Fakultas Teknologi Pertanian. Sedangkan, Ibu Risa Meutia Fiana, S.TP., M.P menggantikan Dr. Deivy Andhika Permata, S.Si., M.Si yang telah terpilih menjadi Wakil Dekan 1 Fakultas Teknologi Pertanian Periode 2022-2027.

 

30 Juli 2022

Program Matching Fund (MF) Tahun 2022 telah diumumkan. Selamat kepada para ketua dan anggota tim MF UNAND yang tercantum namanya. Dosen-dosen UNAND sebanyak 12 tim telah disetujui bantuan dana Matching Fund-nya dari Kedaireka KEMDIKBUDRISTEK RI untuk 12 judul kegiatan dengan dana total lebih dari Rp. 5,448 Milyar. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya mendatangkan perolehan dana riset pengembangan ke UNAND, namun juga dapat berkontribusi menambah jumlah IKU 2 mahasiswa MBKM, IKU 3 dosen berkegiatan di luar kampus, IKU 5 riset diakui global dan bermanfaat, dan IKU-IKU lainnya.

Proposal-propasal MF Batch 1-3 yang didanai Kedaireka tersebut, salah satunya adalah Prof. Dr. rer nat. Ir. Anwar Kasim sebagai Ketua Tim yang mengajukan judul “Standarisasi Alat Destilasi Asliko dan Hilirisasi Produk Serai Wangi untuk Pengembangan Sentra Minyak Atsiri secara Berkelanjutan di Kota Padang”. Tim ini beranggotakan Dr. Ir. Alfi Asben, MS, Dr. Azrifirwan, S.TP. M.Eng, Ferdhinal Asful, SP. M.Si dan Safardi dari CV. Asliko Nusantara Group sebagai mitra DUDI (Dunia Usaha, Dunia Industri).

Dr.-Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T. menyampaikan informasi “Saat ini masih ada sekitar 50 proposal yang masih menunggu hasil seleksi di batch berikutnya. Karena begitu besarnya dana dan manfaat multiplier effect dari program Matching Fund ini, kita targetkan 100 proposal untuk tahun 2023 yang mesti dipersiapkan sejak sekarang karena mesti ada kerjasama yang bersinergi dengan DUDI dan/atau DUDI-Pemda. Setiap OPD Pemda seperti Disperindag, DisKop-UMKM, Distan, dan Disnakkeswan memiliki UKM/IKM/Kop/Kube dimana championnya dapat menjadi mitra DUDI proposal dosen Unand ke depan”.

Anwar KASIM | Professor (Full) | Dr. rer. nat. | Universitas Andalas,  Padang | ANDA | Faculty of Agricultural Technology

22 Juli 2022

Dr. Deivy Andhika Permata, S.Si., M.Si adalah Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian UNAND yang dilahirkan di Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada tanggal 7 Juli 1984, merupakan anak ke dua dari lima bersaudara dari Ayah (alm) Bapak Aliusman dan Ibu Ery Afriyeti Djunir. Menikah dengan Dwi Sulistiowati, S.Si., M.Stat. dan telah dikaruniai tiga orang putri yang bernama Dzafira Nathisa, Dzakiya Lathifa dan Dzakira Fathiya. Promovendus merupakan lulusan S1 Departemen Biokimia, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan S2 Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Andalas, kemudian pada tahun 2018 berkesempatan melanjutkan Pendidikan Doktor pada Program Studi S3 Ilmu Pertanian yang didanai oleh Universitas Andalas yang telah menyelesaikan 45 sks dengan IPK 4,00 dari persyaratan studi Doktor berjumlah 44 sks.

Deivy Andhika Permata dibawah bimbingan Promotor Prof. Dr. Ir. rer. nat. Anwar Kasim dan Co-Promotor Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si dan Dr. Yusniwati, S.P., M.P, telah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Biodelignifikasi Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Aplikasi Seratnya untuk Pembuatan Lembaran Pulp”. Promosi Doktor Program Studi S3 Ilmu Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Andalas dilaksanakan pada hari Jum’at, 22 Juli 2022, bertempat di Balai Sidang Fakultas Pertanian UNAND. Sidang promosi Doktor berlangsung dengan khidmat yang dipimpin oleh Kaprodi S3 Ilmu Pertanian, Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, M.S.  bersama Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Indra Dwipa, M.S, dengan penguji Prof. Dr. Ir. Emriadi, M.S, Prof. Dr. Ir. Novelina, M.S, Dr. Andasuryani, S.T.P., M.Si, dan Dr. Edi Syafri, S.T., M.Si. Turut hadir pula menyaksikan Ketua LPPM, Dr.-Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T serta para kolega dari Fakultas Teknologi Pertanian UNAND.

Dihadapan para penguji dan peseta promosi Doktor, Deivy menyampaikan 3 kebaruan penelitian, diantaranya adalah (1) Biodelignifikasi secara spontan dapat menurunkan kadar lignin pada TKKS fraksi serat campuran dengan persentase degradasi sebesar 25,95%. Hasil biodelignifikasi berupa serat dan lindi menggandung konsorsium kapang dan bakteri yang bersifat ligninolitik. Kapang dan bakteri tersebut menghasilkan enzim ligninase yang memiliki karakteristik pH dan suhu optimum berbeda. Hasil penelitian menunjukkan disamping kapang, bakteri juga memiliki potensi dalam menghasilkan ligninase; (2) Aplikasi lindi hasil dari proses biodelignifikasi spontan pada TKKS fraksi serat panjang dapat menguraikan lignin secara efektif. Hasil pengamatan persentase degradasi lignin dapat mencapai 6,94% dengan persentase degradasi kadar selulosa dan hemiselulosa lebih kecil; dan (3) Perlakuan pendahuluan (biodelignifikasi) TKKS fraksi serat panjang yang dilanjutkan dengan proses pulping dengan menggunakan NaOH dapat meningkatkan kualitas lembaran pulp yang dihasilkan secara signifikan dibandingkan tanpa adanya perlakuan pendahuluan. Selama menempuh studi, dihasilkan beberapa publikasi dan paten. Berikut daftar artikel ilmiah dan paten yang telah dihasilkan selama Pendidikan S3 Ilmu Pertanian Universitas Andalas.

  1. Pengaruh Lama Fermentasi Spontan terhadap Karakteristik Tandan Kosong Kelapa Sawit Fraksi Serat Campuran. 2021. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas, 25 (1), 96-103. ISSN 1410-1920, EISSN 2579-4019. Sinta 3.
  2. Pengaruh Penggunaan Lindi Hitam pada Proses Biodelignifikasi Tandan Kosong Kelapa Sawit terhadap Degradasi Komponen Lignoselulosa. 2022. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas, 26 (1), 124-129. ISSN 1410-1920, EISSN 2579-4019. Sinta 3.
  3. Delignification of Lignocellulosic Biomass. 2021. World Journal of Advanced Research and Reviews, 12 (02), 462–469. eISSN: 2581-9615.
  4. Isolation, Screening, and Characterization of Potential Ligninolytic Mold from Spontaneous Biodelignificed OPEFB and Leachate. 2021. Sylwan, 165 (12), 18-29. Scopus Q3.
  5. Karakteristik Tandan Kosong Kelapa Sawit pada Berbagai Fraksi Serat. 2021. Prosiding Seminar Nasional “Kemajuan Invensi dan Hirilisasi Inovasi, Mendukung Pertanian Maju, Mandiri dan Modern”. 8 April 2021.
  6. Characteristics of Liquid Waste from Biopulping of Oil Palm Empty Fruit Bunches Using Black Liquor. 2021. International Conference on Sustainable Agriculture and Biosystem, 24th November 2021. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.
  7. Paten sederhana: Biodelignifikasi Spontan Tandan Kosong Kelapa Sawit, S00202009950.

Selamat dan Sukses Dr. Deivy Andhika Permata, S.Si., M.Si, semoga Ilmu yang didapatkan Bermanfaat untuk Kejayaan Bangsa.

Bravo TIP UNAND.

22 Juli 2022

Bertempat di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Pertanian UNAND (21/07/2022), Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIP), sukses menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Revisi kurikulum Program Studi S2 Teknologi Industri Pertanian UNAND Berbasis OBE (Outcome Based Education). Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Departemen TIP untuk terus berinovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UNAND, Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si menyampaikan bahwa “Revisi kurikulum Prodi S2 TIP UNAND merupakan sebuah upaya peningkatan mutu pendidikan, selain itu Revisi kurikulum juga telah dilakukan oleh beberapa prodi di FATETA”.

Pemantik dalam FGD adalah Prof. Dr. Ing. Ir. Suprihatin, beliau merupakan Ketua Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB dan juga Ketua Badan Kejuruan Industri Pertanian, Persatuan Insinyur Indonesia. Dalam paparan yang disampaikan, Sistem pendidikan berbasis outcomes (OBE System) terdiri dari kurikulum berbasis outcomes (OBC), pembelajaran berbasis outcomes (OBL) dan Asesmen berbasis outcomes (OBA). Catatan penting dalam pengembangan kurikulum adalah perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah mengenai kebijakan nasional pemerintah, trend internasional (global), kebijakan institusi (universitas), dan kebutuhan internal.

Hasil dan kesepakatan FGD adalah (1). Profil Lulusan dirumuskan kedalam beberapa poin CPL; (2). Outcome (CPL) disusun berdasarkan What we wish to “ACHIEVE” yang selanjutnya diturunkan dalam CPMK; (3). Profil lulusan merupakan rumusan yang didasarkan atas visi misi institusi, kebutuhan pengguna, dan kriteria prodi yang berdasar dari visi ilmiah. Sehingga, rekomendasi selanjutnya adalah melakukan kegiatan lanjutan yang melibatkan stakeholder yang akan berfokus pada 3 poin tersebut. Prof. Dr. Anwar Kasim selaku Koordinator Prodi S2 TIP dalam closing statement menyampaikan pesan “Kesepakatan dan Pemahaman atas kurikulum perlu menjadi atensi bagi setiap elemen yang terlibat didalamnya”.

Foto Bersama Peserta FGD (1)

Foto Bersama Peserta FGD (2)

Penyerahan Sertifikat Penghargaan dan Kenang-kenangan kepada Pemateri dan Pemantik Diskusi.