Admin TIP

Admin TIP

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
02 Maret 2024

Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIP) Universitas Andalas (UNAND) kembali mengukuhkan komitmennya terhadap peningkatan kualitas laboratorium dengan mengadakan kegiatan Good Laboratory Practice (GLP). Kegiatan yang diadakan di Laboratorium TIP UNAND ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait praktik-praktik laboratorium yang baik, etika kerja, dan standar keamanan yang diperlukan dalam menjalankan eksperimen dan penelitian.

GLP merupakan serangkaian pedoman yang memastikan bahwa pengujian laboratorium dilakukan dengan kualitas tertinggi dan keakuratan yang tinggi. Implementasi GLP menjadi krusial dalam memastikan keandalan hasil penelitian dan eksperimen yang dilakukan di berbagai laboratorium, baik di lingkungan akademis maupun industri.

 

Gambar 1. Peserta Pelatihan GLP

Kegiatan GLP yang diselenggarakan oleh Departemen TIP UNAND ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas penelitian dan eksperimen yang dilakukan di lingkungan kampus. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang praktik-praktik laboratorium yang baik, diharapkan hasil penelitian yang dihasilkan dapat lebih terpercaya dan berdampak positif bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian.

 

Gambar 2. Paparan Materi oleh Para Pembicara

 

24 November 2023

Padang, 24 November 2023 - Mahasiswa Departemen Teknologi Industri Pertanian Universitas Andalas ikut berkompetisi dengan berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia dalam memeriahkan KMI Expo XIV yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Ganesha, Bali mulai dari tanggal 15 November 2023-17 November 2023. Salah satu sorotan utama datang dari tim mahasiswa yang membawa inovasi produk berupa sabun herbal yang terbuat dari minyak atsiri sereh wangi bernama Atsiri Barsoap.

Gambar 1. Tim Atsiri Barsoap dari Departemen TIP Unand bersama Dosen Pembimbing Dr. Azrifirwan, S.TP, M.Eng, di Stand Kegiatan KMI Expo Bali 2023

Perjalanan panjang telah dilewati tim hingga menghantarkan Atrisi Barsoap menjadi produk utama yang mewakili Universitas Andalas dalam pemeran KMI Expo XIV. Perjalanan ini dimulai dengan mengikuti seleksi Program Pembinaan Mahasiswa Wirasusaha tahun 2023 dan memperoleh pendanaan langsung dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dan Direktorat Jeneral Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Distiristek). Atrisi Barsoap berhasil tampil pada kategori Manufaktur dan Teknologi Terapan dalam ajang KMI Expo. Kategori lain yang turut berkompetisi yaitu kategori Makanan dan Minuman; Budidaya; Industri Kreatif, Seni, Budaya, dan Pariwisata; Jasa dan Perdagangan; dan Bisnis Digital.

Tim ini terdiri dari lima mahasiswa angkatan 2020 yang memiliki minat dalam pengembangan produk berbasis pertanian dan pemanfaatan bahan alami. Mereka berhasil menciptakan formula sabun herbal yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat positif bagi kesehatan kulit.

Dalam wawancara dengan Ketua Tim, Dita Maria Putri, ia menjelaskan bahwa ide untuk menciptakan sabun herbal berasal dari keinginan mereka untuk menggabungkan ilmu teknologi industri pertanian dengan penggunaan sumber daya sereh wangi miliki kelompok tani Bukit Wangi di daerah Limau Manis, Sumatera Barat.

"Kami fokus pada pengembangan produk yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Minyak atsiri sereh wangi memiliki banyak manfaat kesehatan, dan kami melihat potensinya untuk diaplikasikan dalam produk sehari-hari seperti sabun," kata Dita.

Tim tersebut telah melakukan uji coba produk dan mendapatkan hasil positif, baik dari segi keamanan penggunaan maupun manfaat kesehatan yang diberikan oleh sabun herbal mereka. Produk ini memiliki aroma yang menyegarkan dan diklaim dapat memberikan efek relaksasi saat digunakan.

Dalam pameran di KMI Expo, tim mahasiswa ini tidak hanya memamerkan produknya, tetapi juga memberikan penjelasan tentang proses produksi dan manfaat kesehatan dari sabun herbal mereka kepada pengunjung yang antusias. Selain itu, mereka juga berpartisipasi dalam berbagai seminar dan workshop untuk bertukar pengetahuan dengan para ahli industri dan peserta lainnya.

Atmosfir berkompetisi secara langsung untuk memperkenalkan keunggulan produk setiap tim menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. “Bertemu dengan teman-teman dari berbagai perguruan tinggi dengan produk beraneka ragam dan tentunya cukup inovatif menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Ternyata cukup banyak mahasiswa yang melihat wirausaha sebagai profesi yang ingin ditekuni” ujar  Ayu bagian tim Atsiri Barsoap yang berkesempatan mengikuti KMI Expo XIV di Bali.

Dosen Pembimbing Tim Atsiri Barsoap, Bapak. Dr. Azrifirwan, S.TP, M.Eng, menyatakan kebanggaannya terhadap prestasi mahasiswanya. "Inovasi seperti ini merupakan bukti nyata bahwa mahasiswa teknologi industri pertanian tidak hanya memiliki keahlian teknis, tetapi juga kreativitas dan kemampuan untuk menciptakan produk yang inovatif dan berkelanjutan," kata Bapak Dr. Azrifirwan, S.TP, M.Eng

Semoga keberhasilan tim mahasiswa ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan di dunia industri pertanian.

24 November 2023

Padang, 24 November 2023 - Keberhasilan mahasiswa Departemen Teknologi Industri Pertanian tidak hanya terlihat dalam prestasi pameran, tetapi juga merambah ke dunia riset. Pada Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2023, seorang mahasiswa berhasil memperoleh insentif atas turut andilnya dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa 2023 pada kategori PKM-Artikel Ilmiah.

Gambar 1. Pengumuman Penerima Insentif

Yulia Azzahra, mahasiswa angkatan 2019 Departemen Teknologi Industri Pertanian, berhasil insentif dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk tulisannya yang berjudul "Improvisasi Sistem Industri Dengan UML untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran di Industri Tempe XYZ”.

Dalam wawancara, Yulia Azzahra menjelaskan bahwa tulisannya fokus untuk mengadopsi metode tertentu kemudian diimplementasikan untuk menyelesaikan permasalahan lainnya. Dalam hal ini yaitu mengimplementasikan metode UML untuk menemukan strategi pemasaran industri tempe. "Mata kuliah Sistem Analisis Desain sangat membantu saya dalam menyelesaikan tulisan ini. Eksistensi mahasiswa Teknologi Industri Pertanian dapat lebih ditonjolkan melalui aspek seperti ini," kata Yulia.

Dosen Pembimbing Yulia, Bapak. Dr. Azrifirwan, S.TP, M.Eng, menyampaikan apresiasi atas kontribusi mahasiswa dalam kegiatan PKM 2023. "Kami bangga melihat mahasiswa kami tidak hanya menciptakan inovasi di lapangan, tetapi juga aktif dalam mengembangkan solusi cerdas menggunakan teknologi terkini. Hendaknya ini menjadi contoh bagi generasi selanjutnya" ujar Bapak Dr. Azrifirwan, S.TP, M.Eng

Insentif yang diberikan kepada Yulia Azzahra melalui PKM AI diharapkan dapat memperluas wawasan dan pengalaman penelitian mahasiswa tersebut, dan menjadi pemacu bagi generasi selanjutnya.

03 November 2023

Pada Hari Jumat, 3 November 2023, Departemen Teknologi Industri Pertanian telah sukses melaksanakan kegiatan kuliah dosen tamu untuk Program Studi S2 Teknologi Industri Pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui link zoom, serta luring di Ruang Seminar Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas.

Gambar 1. Publikasi Kegiatan

Di era digital dan teknologi informasi yang berkembang pesat, bisnis berbasis teknologi memiliki potensi untuk memberikan dampak besar pada perekonomian. Salah satu kisah sukses yang mencuat dalam dunia bisnis adalah perjalanan membangun aset milyaran rupiah melalui bisnis berbasis teknologi dengan fokus pada produk berbahan herbal.

Pada awalnya, industri produk berbahan herbal mungkin terlihat tradisional dan kurang terkait dengan perkembangan teknologi. Namun, dengan kebijakan kesehatan dan tren gaya hidup sehat yang semakin mendominasi, terbuka peluang untuk menyelaraskan bisnis berbasis teknologi dengan industri kesehatan dan kecantikan yang semakin berkembang.

Dengan fokus pada inovasi, keberlanjutan, dan pemasaran digital, perusahaan ini berhasil membangun aset milyaran rupiah dari bisnis berbasis teknologi dengan produk berbahan herbal. Keberhasilan mereka tidak hanya terletak pada keunggulan produk tetapi juga pada kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan perubahan tren pasar dan mengambil peluang yang muncul di era digital ini.

Tujuan dari kegiatan kuliah dosen tamu program studi S2 Teknologi Industri Pertanian, adalah untuk mengetahui bagaimana membangun Aset Milyaran Rupiah dari Bisnis Berbasis Teknologi: Succes Story Produk Berbahan Herbal.

Gambar 2. Prof. Dr. Ir. Santosa, MP (Ketua Departemen TIP) sedang membuka acara.

Gambar 3. Dr. Kiki Yulianto, S.TP., MP memoderatori kegiatan kuliah dosen tamu prodi S2 TIP

Kegiatan dimulai dengan penyampaian kata sambutan dan Pembukaan oleh ketua departemen Teknologi Industri Pertanian (Prof. Dr. Ir. Santosa, M.P). Webinar ini diikuti oleh sebanyak 70 peserta dengan latar belakang akademisi, praktisi, pelaku usaha dan masyarakat umum. Materi Webinar disampaikan oleh Nurwenda Novan Maulana, S.Si., M.Sc (CEO PT. Nano Herbaltama Internasional) yang menyampaikan topik “ Membangun Aset Milyaran Rupiah dari Bisnis Berbasis Teknologi: Succes Story Produk Berbahan Herbal”. Kegiatan ini dimoderatori oleh Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian, Dr. Kiki Yulianto, S.TP., MP.

Gambar 4. Bpk. Nurwenda Novan Maulanan, S.Si., M.Sc. (CEO PT. Nano Herbaltama Internasional) selaku pembicara sedang memaparkan materi.

 

Video kegiatan dapat di saksikan melalui saluran link berikut: https://youtu.be/pTEO3rNgg9k