20 Oktober 2022

Dalam rangka meningkatkan nilai tambah, kebijakan pembangunan sektor industri diarahkan kepada industri yang berbasis bahan baku hasil pertanian. Faktor penunjang produksi serta peningkatan nilai tambah, produktivitas dan daya saing adalah peningkatan mutu produk/proses dan diversifikasi produk/proses melalui pemanfaatan teknologi yang diperoleh melalui hasil kegiatan riset dan pengembangan teknologi. Riset teknologi serta pengembangan dan pemanfaatannya telah banyak dilakukan oleh lembaga-lembaga riset milik pemerintah yang bernaung di bawah Departemen/Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Departemen, Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, Perusahaan-perusahaan negara dan swasta/perorangan. Pemanfaatan hasil riset oleh pihak industri sebagai pengguna teknologi masih sangat kurang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya komunikasi dan belum tumbuhnya interaksi bisnis antara lembaga riset dengan industri yang saling menguntungkan. Berdasarkan kondisi tersebut, perlu dilakukan pengayaan mengenai komersialisasi produk agroindustri berbasis riset.

Gambar 1. Publikasi Kegiatan

Kegiatan dimulai dengan penyampaian kata sambutan oleh ketua departemen Teknologi Industri Pertanian (Prof. Dr. Ir. Santosa, M.P) dan dibuka oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Dr. Ir. Alfi, M.Sc). Webinar ini diikuti oleh sebanyak 107 peserta dengan latar belakang akademisi, praktisi, pelaku usaha dan masyarakat umum. Materi Webinar disampaikan oleh Dr. Misnawi (PT. Riset Perkebunan Nusantara) yang menyampaikan topik “Industrialisasi – Komersialisasi Produk Agroindustri Berbasis Riset”. Kegiatan ini dimoderatori oleh Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian, Dr. Azrifirwan, S.TP., M.Eng.

Gambar 2. Pemaparan Materi oleh Dr. Misnawi (PT. Riset Perkebunan Nusantara)

 

Gambar 3. Panitia Pelaksana

 

Gambar 4. Diikuti oleh sebanyak 107 peserta dengan latar belakang akademisi, praktisi, pelaku usaha dan masyarakat umum

22 Oktober 2022

Kuliah Dosen Tamu Si TIP merupakan kegiatan yang sudah diprogramkan Departemen TIP setiap tahunnnya. Kegiatan ini bertujuan Untuk menambah wawasan mahasiswa dan dosen dalam menunjang materi perkuliahan. Tema yang diangkatkan pada Kegiatan kuliah dosen tamu S1 kali ini adalah tentang “Proses Produksi Teh dan Pengendalian Mutu Produk Teh”.

Teh sebagai bahan penyegar banyak disukai oleh masyarakat karena cita rasanya yang unik. Teh tidak hanya dikelola dalam skala besar tetapi banyak juga yang mengolah teh dalam skala kecil sehingga ini merupakan potensi yang dapat dikembangkan oleh para mahasiswa sebagai start up. Indonesia sebagai produsen teh selain Cina dan Jepang harus selalu dapat menjaga kualitas mutu produknya agar dapat bersaing dipasar Internasional. Karena itu perlu dilakukan transfer ilmu, pengetahuan dan teknologi dari praktisi/pelaku usaha kepada mahasiswa/Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Lembaga Pemerintah Non Departemen, Perusahaan-perusahaan negara dan swasta/perorangan.

Gambar 1. Publikasi Kegiatan

 

Gambar 2. Pemaparan oleh Arif Maulana Yamin, S.T (Direktur PT. Mitra Kerinci)

 

Kegiatan dimulai dengan penyampaian kata sambutan oleh ketua departemen Teknologi Industri Pertanian (Prof. Dr. Ir. Santosa, M.P) dan dibuka oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Dr. Ir. Alfi, M.Sc). Webinar ini diikuti oleh sebanyak 133 peserta dengan latar belakang akademisi, praktisi, pelaku usaha dan masyarakat umum. Materi Kuliah disampaikan oleh Arif Maulana Yamin, S.T (Direktur PT. Mitra Kerinci) dengan topik “ Proses Produksi Teh dan Pengendalian Mutu Produk Teh”. Moderator pada kegiatan ini adalah Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian, Ir. Sahadi Didi Ismanto, M.Si

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 22 Oktober 2022, kegiatan dilaksanakan secara daring melalui link zoom sebagai berikut: (https://telkomsel.zoom.us/j/5184633041?pwd=d1FoMHFCUk5ibW5Hd01pay9seXFFUT09) dan luring di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas.

Gambar 3. Peserta Kegiatan

19 Jun 2023

P2MW merupakan salah satu wadah yang disediakan oleh pemerintah untuk mahasiswa dalam mengembangkan jiwa-jiwa berwirausaha. Pada kegiatan ini pemerintah tidak hanya menyediakan slot beberapa namun cukup banyak untuk seluruh universitas yang ada di Indonesia.

Pada tanggal 19 Juni 2023 sesuai ketetapan dari (KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI) sebanyak 10 Tim pada Universitas Andalas dinyatakan lulus dan salah satu tim merupakan mahasiswa dari Departemen Teknologi Industri Pertanian yaitu: Dita Maria Putri sebagai ketua dari tim dan dengan Dosen Pembimbing adalah Dr. Azrifirwan (Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian UNAND)

 

15 Jun 2023

Pekan Kreativitas Mahasiswa atau disingkat PKM merupakan salah satu kegiatan yang bergensi pada dunia perkuliahan. Yang mana pada setiap universitas berusaha mengajak mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan     tersebut, sehingga disamping meningkatkan kemampuan mahasiswa juga dapat mengharumkan nama universitas yang dibanggakan oleh mahasiswa itu sendiri. Dan mahasiswa berlomba-lomba untuk mempersiapkan proposal sesuai yang disanggupi dan tentu saja diminati karena pada PKM ini terdapat beberapa jenis pilihan.

Tepat pada tanggal 15 juni 2023 sesuai keputusan (KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI) bawasanya ada 115 PKM mahasiswa Universitas Andalas yang lolos pendanaan dan 2 dari 115 tersebut merupakan mahasisawa dari Departemen Teknologi Industri Pertanian yaitu: Syarifatun Nisa dengan BP (2011132023) dan Fera Malta dengan BP (1911131029).