04 Oktober 2023

Teras Kopi Pak Datuak Solok Selatan yang bergerak dalam Industri hulu hilir kopi dikunjungi sebanyak 62 orang Mahasiswa S1 dan empat orang Mahasiswa S2 dari Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Universitas Andalas (Unand).

Menurut Prof santosa MP, Ketua Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Unand), kunjungan bertajuk fieldtrip Departemen Teknologi Industri Pertanian tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat menyaksikan langsung bagaimana proses hulu dan hilir Industri Kopi.

“Kami telah lama menjalin kerjasama dengan teras Kopi Pak Datuak, bahkan ownernya Attila Madjidi juga sering menjadi pembicara dalam webinar yang dilakukan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unand,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan pihaknya telah lama menjalin kerjasama dengan teras Kopi Pak Datuak, bahkan ownernya Attila Madjidi juga sering menjadi pembicara dalam webinar yang dilakukan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unand.

Attila Madjidi, owner Teras Kopi Pak Datuak, mengatakan kunjungan tersebut menunjukkan bahwa anak-anak muda tidak hanya tertarik untuk menikmati seduhan kopi tetapi juga tertarik untuk mengenal industri hulu dan hilir kopi tersebut.

Dia juga menjelaskan beberapa tahapan hulu dan hilir industri kopi dimulai dari petani menghasilkan kopi merah yang disebut Cherry, kemudian prosesor mengolah Cherry menjadi greenben, selanjutnya rosetery yang mengolah green been menjadi kopi sanggrai, Barista dan kedai Kopi baru sampai di penikmat kopi.

 

 

Tulisan ini dapat dilihat pula pada link berikut : https://www.topsumbar.co.id/2023/10/mahasiswa-fateta-unand-kunjungi-teras-kopi-pak-datuak-memahami-proses-industri-kopi-dari-hulu-ke-hilir/

01 Oktober 2023

 

Pelepasan Mahasiswa Fieldtrip

 

Site Visit PTPN VI

 

Site Visit Sirukam Dairy

 

Site Visit Pengolahan Kopi Pak Datuak, Solok Selatan.

 

Site Visit PT. Mitra Kerinci 

25 Juli 2023

Pada tanggal 24 - 25 Juli 2023 dilaksanakan visitasi akreditasi Prodi S1 Teknologi Industri Pertanian (TIP), Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas. Prodi TIP telah berdiri sejak 2019 dan saat ini dilakukan akreditasi dengan asesor adalah Prof. Dr. Yudi Pranoto (UGM) dan Prof. Dr. Feri Kusnandar (Institut Pertanian Bogor). Proses akreditasi ini penting bagi Prodi TIP karena tahun ini ada mahasiswa yang akan wisuda dan dengan punya akreditasi maka mahasiswa baru dapat kesempatan memiliki beasiswa KIP Kuliah. Rektor Universitas Andalas Profesor Yuliandri, berkesempatan hadir saat pembukaan acara dan menyampaikan bahwa dosen Fateta telah banyak berkontribusi untuk capaian Indikator Kinerja Utama/IKU Unand, terutama IKU 5.

 

Gambar 1. Asesor BAN-PT berfoto bersama Rektor, Dekan beserta jajaran pimpinan di lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian UNAND 


Pada akreditasi ini asesor akan memvalidasi borang yang telah diajukan, melakukan tanya jawab dengan pimpinan Fateta, Staf pengajar, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dan Stake holder/mitra yang telah ikut berperan dalam perancangan – perbaikan kurikulum dan menyediakan tempat bagi mahasiswa untuk melakukan praktek kerja lapang serta penelitian. Mitra yang berkesempatan hadir yaitu Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Sumbar, PT Mitra Kerinci Solok Selatan, Rumah Tempe Indonesia – Bogor, Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) dan Pelaku usaha Jamur Tiram Kota Padang.

 

Gambar 2. Kegiatan diskusi dan konfirmasi dalam agenda kegiatan visitasi akreditasi


Civitas akademika Prodi TIP berharap akreditasi yang diperoleh adalah yang maksimal dan hal ini akan mendorong – memperkuat perkembangan keilmuan dan daya saing alumni.

 

Gambar 3. Penyerahan Berita Acara dan Rekomendasi hasil Visitasi Akreditasi Prodi S1 Teknologi Pertanian

18 Juli 2023

Sebanyak enam (6) mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian, Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas melaksanakan kegiatan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) Membangun Desa terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan tersebut dilaksanakan  pada interval waktu tanggal 11 Juli – 10 November 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Nagari Kinari – Kecamatan Bukit Sundi- Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Dosen pembimbing kegiatan tersebut adalah Ibu Dr. Ir. Kurnia Harlina Dewi, M.Si.

Kegiatan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) Membangun Desa terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Kinari tersebut didasarkan pada Surat Tugas Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas Nomor T/ 1246 / UN16.11.D / PK.06.01/ 2023 tertanggal 17 Juli 2023.  Nama – nama mahasiswa yang mengikuti kegiatan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) Membangun Desa terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) tersebut adalah  : 

  • Syarifatun Nisa – BP. 2011132023
  • Muhammad Nafis – BP. 2011133018
  • Yul Apni Harianja  – BP. 2011132014
  • Muhammad Faisal – BP. 2011133009
  • Fujirat Widya Loka – BP. 2011132027
  • Rahma Ansari – BP. 2011132018

 

Gambar 1. Dokumentasi Kegiatan MBKM KKN