17 Juli 2020

 Padang,  Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan lulusan, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Fateta Unand) menggalang kerja sama international dengan perguruan tinggi di negara Jepang. "Dari kerja sama tersebut, tahun ini Fateta Unand akan mengirim dua mahasiswanya ke Gifu University – Jepang untuk mengikuti Program Sandwich selama 6 bulan," kata Dekan Fateta Unand Dr. Feri Arlius kemarin di Padang. 

Menurut dia, program Sandwich adalah program penempatan mahasiswa ke universitas lain untuk melakukan perkuliahan dan penelitian selama periode waktu tertentu. Disebutkan, mahasiwsa yang akan berangkat adalah Ririn Fatma Nanda dan Le Phuc Quan dari Program Studi Magister Teknologi Industri Pertanian. Le Phuc Quan adalah mahasiswa asal Vietnam yang saat ini sedang mengikuti program magister (S2) di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas," sebut Feri didampingi Ketua Program Studi Magister Teknologi Industri Pertanian, Prof. Tuty Anggraini, PhD.

17 Februari 2020

Padang | Tribun terkini- Limau manis, Dekan Fakuktas Teknologi Pertanian (FATETA) Universitas Andalas Dr. Feri Arlius, MSc, mengapresiasi mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP) yang menggunakan 2 bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia pada saat memandu acara kuliah umum yang diadakan Jurusan TIP, Rabu (5 Februari 2020) pekan lalu.

Dalam sambutannya Dr. Feri Arlius menyampaikan bahwa “Saat ini FATETA mencanangkan penggunaan Bahasa Inggris sebagai the second language dalam berbagai kegiatan. Mahasiswa Jurusan TIP sudah mulai menerapkannya pada saat memandu acara kuliah umum ini. Saya berharap ini bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya. Mungkin tidak hanya mahasiswa, tapi juga para dosen untuk dapat terus melatih kemampuan bahasanya terutama Bahasa Inggris. Karena saya ingin di FATETA ini Bahasa Inggris menjadi Bahasa kedua setelah Bahasa Indonesia”.

Hal ini disampaikan dihadapan dosen dan mahasiswa yang hadir pada kuliah umum mengenai Pengelolaan Kayu Sawit dan Peningkatan Mutu Kayu untuk Industri, dimana Assoc. Prof. Edi Suhaemi Bakar, MSc, PhD dari Universitas Putra Malaysia, sebagai narasumber.

Dr. Feri Arlius menjelaskan, “TIP itu merupakan Jurusan yang baru berdiri tahun 2019, untuk penerimaan mahasiswa tingkat S1 itu baru satu kali, akan tetapi Jurusan TIP sudah memiliki mahasiswa pada Jenjang S2 sebelumnya. Materi ini sangat bermanfaat dan menjadi peluang besar bagi yang mampu memanfaatkan kesempatan dalam memanfaatkan kayu sawit ini, karena Sumatera Barat memiliki resource (Sumber Daya).

"Apabila digarap nantinya dapat meningkatkan income dan tentunya kesejahteraan bagi masyarakat, petani sawit itu sendiri dan yang terlibat lainnya", jelas Dr. Feri.

Selain itu pertemuan ini juga merupakan momentum bagi kita, yaitu antara FATETA, Jurusan TIP khususnya dengan Universitas Putra Malaysia untuk melakukan kolaborasi riset, terutama berhubungan dengan topik yang dibahas saat ini. Jadi, saya mengucapkan terimakasih kepada panitia, Ketua Jurusan dan sekretaris, dosen dan mahasiswa Jurusan TIP. Kegiatan ini sangat bermanfaat”, ucapnya.

Vioni Derosya, STP, MSc sebagai dosen pembina mahasiswa Jurusan TIP mengungkapkan, “Saat ini memang sedang gencar dilakukan pembinaan kepada mahasiswa Jurusan TIP, karena mereka merupakan angkatan pertama yang harus memiliki kompetensi memadai dalam bidang Teknologi Industri Pertanian baik soft skill ataupun hard skill. Bahasa Inggris memang merupakan salah satu yang menjadi prioritas". (Info Wenny Dosen TIP UNAND/Dj).



Artikel ini telah tayang di tribunterkini.com dengan judul Dekan Fateta Apresiasi Mahasiswa Jurusan TIP Gunakan Dua Bahasa Saat Memandu Acara, https://tribunterkini.com/web/detail/BTEYQMLULMOIZJFVD103/dekan-fateta-apresiasi-mahasiswa-jurusan-tip-gunakan-2-bahasa-saat-memandu-acara.html.

Editor: dj

 

16 Desember 2019

Salah satu unsur penting dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan keberadaan suatu produk ataupun jasa dimata pengguna adalah dilakukan upaya pengenalan dan sosialisasi melalui berbagai ragam model promosi, salah satunya mengadakan roadshow. Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya siswa SMA ataupun sederajat, masih belum sepenuhnya memahami universitas dan sistem perkuliahan yang ada. Ketidak tahuan ini meliputi pengenalan Program Studi/Jurusan yang ada di Perguruan Tinggi, cara pendaftaran, profil lulusan, biaya perkuliahan dan program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah dan pihak swasta. Ketidak tahuan ini membuat sebagaian siswa/siswi tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Hal inilah yang mendorong Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas  melaksanakan kegiatan roadshow dan promosi Program Studi.

Kegiatan ini tidak hanya sebagai upaya memperkenalkanProgram Studi kepada pengguna namun juga sebagai upaya menjalin silahturahmi. Melalui kegiatan ini diharapkan calon lulusan SMA N I Bukit Sundi Solok lebih mengenal Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas.

 Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin tanggal  9 November 2019 di SMA N I Bukit Sundi Solok. Kegiatan ini dimulai dengan ramah tamah bersamaKepada Sekolah SMA N I Bukit Sundi dan jajarannya. Pada kesempatan tersebut Kepala Sekolah berharap dengan adanya kegiatan ini mendorong minat siswa/siswinya untuk melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi. Disamping itu beliau berharap adanya kegiatan lain berupa Progam Pengabdian Kepada Masyarakat terkait pemanfaatan bahan baku lokal yang ada di daerah mereka. Kegiatan ini tersebut beliau harapkan dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa/siswinya. Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan persentasi terkait profil Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas . Persentasi disampaikan oleh Dr. Ir Alfi Asben, M.Si. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa/siswi kelas XII IPA. Pada sesi berikutnya dilakukan tanya jawab dengan siswa/siswi SMA N I Bukit Sundi. Beberpa pertanyaan yang muncul terkait dengan aktivitas kampus, peluang kerja lulusan dan akreditasi Program Studi. Dari kegiatan yang dilaksanakan terlihat antusias siswa/siswa untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi terutama Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian, dan mereka berharap dapat melanjutkan studi nantinya di  program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian, Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas. 

19 November 2019

Jamur tiram merupakan jenis jamur yang sudah tidak asing lagi untuk pecinta jamur. Jamur tiram selama ini dikonsumsi dalam bentuk segar.

Kawasan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, merupakan salah satu daerah yang membudidayakan jamur tiram. Di daerah yang tidak  begitu jauh dari kampus Universitas Andalas (Unand) tersebut, terdapat kelompok pembudidayaan jamur tiram bernama Limau Manis Sejahtera.

Tim pengabdian Teknologi Industri Pertanian (TIP) Fakultas Teknologi Pertanian, Unand membantu para petani jamur tiram untuk mengolah jamur tiram menjadi produk yang memiliki umur simpan yang panjang, beberapa waktu lalu.

Anggota tim pengabdian TIP Unand  Vioni Derosya mengatakan, tujuan untuk melakukan pengolahan ini adalah untuk mengatasi panen yang berlimpah.