Sejarah

Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian

Sejarah pendirian Program studi S1 Teknologi Industri Pertanian yaitu pada awal berdirinya Fakultas teknologi Pertanian ini telah mempunyai keinginan untuk mendirikan program studi/jurusan baru untuk strata 1 (S1), yaitu program studi Teknologi Industri Pertanian. Secara serius penyiapan prodi baru ini dilakukan pada tahun 2016 dengan membentuk suatu tim pendirian program studi tingkat sarjana (S1) Teknologi Industri pertanian. Dalam perjalanannya program studi S1 TIP ini akhirnya mendapatkan persetujuan pendirian dan pembukaan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan surat keputusan No. 969/KPT/I/2018 pada tanggal 8 November 2018 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Bapak Ainum Na’im. 

Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian (Prodi S1 TIP) dirancang untuk berdiri di bawah Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA), Universitas Andalas (UNAND) sebagai Institusi Perguruan Tinggi yang menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat dengan kemampuan akademik yang mumpuni, sehingga dapat menerapkan, mengembangkan, menciptakan ilmu pengetahuan/teknologi dan menyebarluaskannya. Di samping itu, program studi juga mengupayakan manfaat yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi, sehingga lulusan dapat bersaing secara nasional, regional dan global.

Prodi S1 TIP memiliki 3 bidang kajian yaitu (1) Teknologi dan Rekayasa Proses Pengolahan Agroindustri, (2) Teknik Sistem dan Manajemen Agroindustri,  dan (3) Teknologi Lingkungan Agroindustri.  Program Studi Teknologi Industri Pertanian diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan (Sarjana Teknologi Industri Pertanian) dengan profil atau peran sebagai berikut: (1) Praktisi Industri (Manajer/Supervisor), (2) Pendidik, (3) Peneliti/Perekayasa (4) Birokrat (Tenaga Profesional di Lembaga Pemerintah, BUMN/Swasta) dan (5) Technopreneur dan (6). Konsultan.

Kurikulum program studi ditetapkan dan dikembangkan oleh setiap perguruan tinggi berdasarkan SNPT dan juga Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). kurikulum berbasis outcomebased education dan merdeka belajar kampus merdeka, maka Prodi S1 TIP melaksanakan revisi kurikulum. Evaluasi kurikulum terlebih dahulu dilakukan dengan menetapkan profil lulusan. Profil lulusan disusun berdasarkan analisis kebutuhan (market signal) baik secara lokal, nasional maupun internasional, dan kajian-kajian yang dilakukan oleh program studi terkait visi keilmuan Prodi S1 TIP. Capaian pembelajaran lulusan (CPL) dirumuskan berdasarkan hasil penelusuran lulusan prodi sejenis (Prodi S1 THP dan TEP Fateta Unand), masukan pemangku kepentingan, asosiasi profesi (APTA), konsorsium keilmuan (Forum Komunikasi Program Studi Industri Pertanian Indonesia), dan kecenderungan perkembangan keilmuan/keahlian ke depan. Rumusan CPL Prodi S1 TIP disusun mengacu pada rumusan deskripsi umum KKNI jenjang enam.

Struktur organisasi dan pengelolaan Program Studi Teknologi Industri Pertanian di bawah Jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian adalah sebagai berikut 

Periode 2019-2022 :

Ketua                       : Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si.

Sekretaris                 : Dr. Deivy Andhika Permata, S.Si, M.Si.

 Periode 2022-2027 :

Ketua                       :  Prof. Dr. Ir. Santosa, M.P.

Sekretaris                 : Risa Meutia Fiana, S.TP, M.P.

 

Program Studi S2 Teknologi Industri Pertanian

Program Studi S2 Teknologi Industri Pertanian (PS. S2 TIP) telah berdiri sejak tahun 1999, sewaktu masih berada di bawah Program Pasca Sarjana Universitas Andalas. Pada PS. S2 TIP terdapat 2 (dua) bidang peminatan yang diberi nama sebagai berikut: 1) Teknologi dan Rekayasa Proses Pengolahan Agroindustri dan 2) Sistem dan Manajemen Agroindustri. Pengelola PS. S2 TIP yang selanjutnya disebut dengan koordinator adalah sebagai berikut:

 

Periode 2008-2010: Prof. Dr. Ir. Anwar Kasim

Periode 2010-2013: Prof. Dr. Ir. Novelina, M.S.

Periode 2013-2014: Prof. Dr. Ir. Santosa, M.P.

Periode 2014-2017: Tuty Anggraini, S.TP, MP, Ph.D.

Periode 2017-2018: Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si.

Periode 2019-2021: Prof. Tuty Anggraini, S.TP, MP, Ph.D.

Periode 2022-2025: Prof. Dr. Ir. Anwar Kasim

 

Read 6936 times Last modified on Senin, 17 Juli 2023 02:25