Print this page

Prof. Dr. rer nat. Ir. Anwar Kasim dan Tim, Lolos Pendanaan Program Matching Fund (MF) Kedaireka - KEMDIKBUDRISTEK RI Tahun 2022.

30 Juli 2022

Program Matching Fund (MF) Tahun 2022 telah diumumkan. Selamat kepada para ketua dan anggota tim MF UNAND yang tercantum namanya. Dosen-dosen UNAND sebanyak 12 tim telah disetujui bantuan dana Matching Fund-nya dari Kedaireka KEMDIKBUDRISTEK RI untuk 12 judul kegiatan dengan dana total lebih dari Rp. 5,448 Milyar. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya mendatangkan perolehan dana riset pengembangan ke UNAND, namun juga dapat berkontribusi menambah jumlah IKU 2 mahasiswa MBKM, IKU 3 dosen berkegiatan di luar kampus, IKU 5 riset diakui global dan bermanfaat, dan IKU-IKU lainnya.

Proposal-propasal MF Batch 1-3 yang didanai Kedaireka tersebut, salah satunya adalah Prof. Dr. rer nat. Ir. Anwar Kasim sebagai Ketua Tim yang mengajukan judul “Standarisasi Alat Destilasi Asliko dan Hilirisasi Produk Serai Wangi untuk Pengembangan Sentra Minyak Atsiri secara Berkelanjutan di Kota Padang”. Tim ini beranggotakan Dr. Ir. Alfi Asben, MS, Dr. Azrifirwan, S.TP. M.Eng, Ferdhinal Asful, SP. M.Si dan Safardi dari CV. Asliko Nusantara Group sebagai mitra DUDI (Dunia Usaha, Dunia Industri).

Dr.-Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T. menyampaikan informasi “Saat ini masih ada sekitar 50 proposal yang masih menunggu hasil seleksi di batch berikutnya. Karena begitu besarnya dana dan manfaat multiplier effect dari program Matching Fund ini, kita targetkan 100 proposal untuk tahun 2023 yang mesti dipersiapkan sejak sekarang karena mesti ada kerjasama yang bersinergi dengan DUDI dan/atau DUDI-Pemda. Setiap OPD Pemda seperti Disperindag, DisKop-UMKM, Distan, dan Disnakkeswan memiliki UKM/IKM/Kop/Kube dimana championnya dapat menjadi mitra DUDI proposal dosen Unand ke depan”.

Anwar KASIM | Professor (Full) | Dr. rer. nat. | Universitas Andalas,  Padang | ANDA | Faculty of Agricultural Technology

Read 528 times