Prodi S2 TIP sukses melaksanakan FGD Pengembangan Kurikulum

22 Juli 2022

Bertempat di Ruang Sidang Fakultas Teknologi Pertanian UNAND (21/07/2022), Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIP), sukses menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Revisi kurikulum Program Studi S2 Teknologi Industri Pertanian UNAND Berbasis OBE (Outcome Based Education). Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Departemen TIP untuk terus berinovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UNAND, Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si menyampaikan bahwa “Revisi kurikulum Prodi S2 TIP UNAND merupakan sebuah upaya peningkatan mutu pendidikan, selain itu Revisi kurikulum juga telah dilakukan oleh beberapa prodi di FATETA”.

Pemantik dalam FGD adalah Prof. Dr. Ing. Ir. Suprihatin, beliau merupakan Ketua Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB dan juga Ketua Badan Kejuruan Industri Pertanian, Persatuan Insinyur Indonesia. Dalam paparan yang disampaikan, Sistem pendidikan berbasis outcomes (OBE System) terdiri dari kurikulum berbasis outcomes (OBC), pembelajaran berbasis outcomes (OBL) dan Asesmen berbasis outcomes (OBA). Catatan penting dalam pengembangan kurikulum adalah perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah mengenai kebijakan nasional pemerintah, trend internasional (global), kebijakan institusi (universitas), dan kebutuhan internal.

Hasil dan kesepakatan FGD adalah (1). Profil Lulusan dirumuskan kedalam beberapa poin CPL; (2). Outcome (CPL) disusun berdasarkan What we wish to “ACHIEVE” yang selanjutnya diturunkan dalam CPMK; (3). Profil lulusan merupakan rumusan yang didasarkan atas visi misi institusi, kebutuhan pengguna, dan kriteria prodi yang berdasar dari visi ilmiah. Sehingga, rekomendasi selanjutnya adalah melakukan kegiatan lanjutan yang melibatkan stakeholder yang akan berfokus pada 3 poin tersebut. Prof. Dr. Anwar Kasim selaku Koordinator Prodi S2 TIP dalam closing statement menyampaikan pesan “Kesepakatan dan Pemahaman atas kurikulum perlu menjadi atensi bagi setiap elemen yang terlibat didalamnya”.

Foto Bersama Peserta FGD (1)

Foto Bersama Peserta FGD (2)

Penyerahan Sertifikat Penghargaan dan Kenang-kenangan kepada Pemateri dan Pemantik Diskusi.

Read 336 times