Sukses Terselenggara, Webinar ke-6 TIP Unand : Pendekatan Baru Pengelolaan Limbah pada Agroindustri.

06 Juli 2022

Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas, sukses menyelenggarakan Webinar series yang ke-6. Kegiatan tersebut mendapat antusiasme dari berbagai segmen. Tercatat kegiatan tersebut diikuti oleh 300-an peserta, yang berasal dari Universitas Andalas dan berbagai kampus lain di Indonesia. Latar belakang peserta terdiri dari dosen, peneliti, konsultan, aktivis lingkungan, mahasiswa sarjana hingga pascasarjana. 

Webinar series ke-6 kali ini mengambil tema ‘’Pendekatan Baru Pengelolaan Limbah pada Agroindustri’’ dengan narasumber Prof. Dr. Ing. Ir. Suprihatin  yang merupakan seorang Guru Besar di Program Studi Teknik Industri Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Juni 2022 dimulai Pukul 09.00 WIB serta dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Bpk. Dr. Ir. Feri Arlius, M.Sc. Dalam opening speech yang diberikan, beliau menyampaikan bahwa ‘’Pengolaan limbah merupakan isu yang perlu di fikirkan dan dicarikan pengelolaan yang baik secara bersama, lintas sektoral’’.

Kegiatan ini di moderator oleh Ir. Sahadi Didi Ismanto, M.Si yang merupakan dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Universitas Andalas. Dalam paparannya, Prof. Dr. Ing. Ir. Suprihatin menyampaikan pokok bahasan mengenai Trend Konsep Pengelolaan Limbah dan Usulan Model Pengelolaan Limbah Terpadu. Model pengelolaan limbah terpadu dapat memberikan berbagai manfaat teknis, sosial ekonomi dan lingkungan. Beberapa program penelitian dan pengembangan strategis masih diperlukan, dengan fokus pada optimalisasi proses untuk menghasilkan produk yang bernilai (seperti: bioenergi, nutrient, pupuk organik, mineral esensial) dalam sistem pengelolaan sumber daya yang terintegrasi.

 

Read 34 times