Dekan Fateta Apresiasi Mahasiswa Jurusan TIP Gunakan Dua Bahasa Saat Memandu Acara Artikel ini telah tayang di tribunterkini.com dengan judul Dekan Fateta Apresiasi Mahasiswa Jurusan TIP Gunakan Dua Bahasa Saat Memandu Acara, https://tribunterkini.

17 Februari 2020

Padang | Tribun terkini- Limau manis, Dekan Fakuktas Teknologi Pertanian (FATETA) Universitas Andalas Dr. Feri Arlius, MSc, mengapresiasi mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP) yang menggunakan 2 bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia pada saat memandu acara kuliah umum yang diadakan Jurusan TIP, Rabu (5 Februari 2020) pekan lalu.

Dalam sambutannya Dr. Feri Arlius menyampaikan bahwa “Saat ini FATETA mencanangkan penggunaan Bahasa Inggris sebagai the second language dalam berbagai kegiatan. Mahasiswa Jurusan TIP sudah mulai menerapkannya pada saat memandu acara kuliah umum ini. Saya berharap ini bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya. Mungkin tidak hanya mahasiswa, tapi juga para dosen untuk dapat terus melatih kemampuan bahasanya terutama Bahasa Inggris. Karena saya ingin di FATETA ini Bahasa Inggris menjadi Bahasa kedua setelah Bahasa Indonesia”.

Hal ini disampaikan dihadapan dosen dan mahasiswa yang hadir pada kuliah umum mengenai Pengelolaan Kayu Sawit dan Peningkatan Mutu Kayu untuk Industri, dimana Assoc. Prof. Edi Suhaemi Bakar, MSc, PhD dari Universitas Putra Malaysia, sebagai narasumber.

Dr. Feri Arlius menjelaskan, “TIP itu merupakan Jurusan yang baru berdiri tahun 2019, untuk penerimaan mahasiswa tingkat S1 itu baru satu kali, akan tetapi Jurusan TIP sudah memiliki mahasiswa pada Jenjang S2 sebelumnya. Materi ini sangat bermanfaat dan menjadi peluang besar bagi yang mampu memanfaatkan kesempatan dalam memanfaatkan kayu sawit ini, karena Sumatera Barat memiliki resource (Sumber Daya).

"Apabila digarap nantinya dapat meningkatkan income dan tentunya kesejahteraan bagi masyarakat, petani sawit itu sendiri dan yang terlibat lainnya", jelas Dr. Feri.

Selain itu pertemuan ini juga merupakan momentum bagi kita, yaitu antara FATETA, Jurusan TIP khususnya dengan Universitas Putra Malaysia untuk melakukan kolaborasi riset, terutama berhubungan dengan topik yang dibahas saat ini. Jadi, saya mengucapkan terimakasih kepada panitia, Ketua Jurusan dan sekretaris, dosen dan mahasiswa Jurusan TIP. Kegiatan ini sangat bermanfaat”, ucapnya.

Vioni Derosya, STP, MSc sebagai dosen pembina mahasiswa Jurusan TIP mengungkapkan, “Saat ini memang sedang gencar dilakukan pembinaan kepada mahasiswa Jurusan TIP, karena mereka merupakan angkatan pertama yang harus memiliki kompetensi memadai dalam bidang Teknologi Industri Pertanian baik soft skill ataupun hard skill. Bahasa Inggris memang merupakan salah satu yang menjadi prioritas". (Info Wenny Dosen TIP UNAND/Dj).



Artikel ini telah tayang di tribunterkini.com dengan judul Dekan Fateta Apresiasi Mahasiswa Jurusan TIP Gunakan Dua Bahasa Saat Memandu Acara, https://tribunterkini.com/web/detail/BTEYQMLULMOIZJFVD103/dekan-fateta-apresiasi-mahasiswa-jurusan-tip-gunakan-2-bahasa-saat-memandu-acara.html.

Editor: dj

 

Read 276 times